Facebook Twitter RSS

Selasa, 12 Februari 2013

CARA MENGINSTAL SISTEM OPERASI FREEBSD


INSTALLASI FREE BSD
Sebenarnya ini postingan hasil dari di laporan prakerin saya waktu di Institute Teknologi Bandung (ITB) ,tapi gak papa lah jika teman-teman membutuhkan ni saya kasih tau caranya. Selamat membaca
Dibawah ini merupakan cara penginstalan simtem operasi freeBSD yang berbasis teks versi 8.2. oke langsung saja gan kita mulai.
Pertama – tama ubah settingan first booting menjadi CD-ROM yang berisi source OS FreeBSD agar pada saat melakukan booting komputer akan membaca CD FreeBSD tersebut. Berikut adalah tampilan dari booting FreeBSD.
Tunggu beberapa saat dan pilih lokasi negara
Setelah itu pilih settingan keyboard yang dipakai,kami memilih USA ISO karena susunan keyboard pada setinggan ini menjadi standar keyboard QWERTY.
Kemudian pilih costume untuk masuk ke settingan seperti partisi, mengaktifkan directory serta memasukan paket-paket dari FreeBSD sesuai dengan yang diinginkan
Pilih menu partition untuk memasukan jumlah kapasitas harddisk yang akan digunakan untuk instalasi FreeBSD
Karena disini kami ingin mengoptimalkan semua kapasitas harddisk untuk digunakan pada FreeBSD maka kami memilih A agar semua kapasitas harddisk digunakan untuk OS FreeBSD.
Apabila sudah selesai tekan Q untuk quit, dan pilih Standard sebagai settingan default dari FreeBSD
Pilih Label untuk mengatur jumlah harddisk yang digunakan untuk direktori system (root) serta direktori-direktori lain.
 
Disini kami memilih auto default jadi kapasitas semua direktori terisi secara otomatis. Bila anda ingin mengatur sesuai dengan kebutuhan sendiri,yang harus diingat adalah pada saat memasukan kapasitas untuk swap. Jumlah partisi pada swap adalah 2x dari memory,jadi pada saat kapasitas memory sudah habis terpakai,memory otomatis akan mengambil sebagian partisi dari jumlah harddisk yang digunakan.
Setelah partisi sudah diatur, pilih Q untuk kembali ke menu. Sekarang pilih Distributions untuk memasukan system,sumber data, serta user secara biners dari berbagai negara untuk dapat terbaca oleh FreeBSD.
Pertama pilih Developer
Lalu exit
Kemudian pilih kern-developer sebagai kernel
Lalu exit
Pilih User
Lalu exit
Setelah itu pilih custom untuk memasukan kernel ke FreeBSD,yang dimana kernel berfungsi mengatur pemrosesan data, serta mengatur hardware agar bisa terintegrasi oleh komputer. Lokasinya ada di src -> sys

Kemudian kembali ke menu dengan memilih exit (X)
Kemudian pilih media/source yang digunakan untuk instalasi.
Kami disini menggunakan media CD-ROM sebagai sourcenya. Apabila anda ingin menggunakan FTP,anda harus memasukan IP Address,serta server ftp mana yang akan dipakai.
Setelah persiapan mengenai pengaturan sudah selesai,pilih Commit untuk melakukan instalasi
Pilih YES
Dan tunggu hingga proses extract base system serta kernel ke directory / (root)
Anda bisa melihat proses instalasi dengan menekan tombol ALT+F2 dan untuk kembali dengan menekan tombol ALT+F1
Jika proses instalasi sudah selesai maka akan muncul gambar seperti berikut,dan akan kembali ketampilan menu dengan memilih YES
Setelah itu kita keluar dari proses instalasi untuk merestart komputer dengan memilih Exit Install
Jangan lupa mengambil cd FreeBSD agar pada saat restart,komputer akan membooting harddisk yang telah berisi OS FreeBSD seperti gambar dibawah ini.
Gimana susah gak,lumayan susah juga lumayan gampang ya?hehe
Semoga berhasil ya dan semoga bermanfaat,jangan lupa komentarnya ya!

0 komentar:

Posting Komentar